Saturday, February 20, 2016

Sebab Rasulullah SAW Menangis

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6350621372319428354#editor/target=post;postID=5679447317259235484;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=2;src=link


Pernah suatu ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم menangis sepanjang malam. Apa yang membuat beliau menangis sepanjang malam? Apakah istri? Anak keturunan? Harta benda dan kebun-kebun?

Ternyata bukan karena hal-hal duniawi tersebut. Beliau menangisnya karena dalam shalatnya beliau membaca Al-Quran Surah Al-Ma’idah [5] ayat 118 yang menceritakan doa untuk umatnya, untuk kita Beliau shalat sambil menangis hingga waktu subuh tiba. Beliau terus mengulang-ulang ayat tersebut. 

“Jika Engkau siksa mereka, sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkau Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” 

Kemudian beliau memanjatkan kedua tangan seraya berdoa, “Ya Allah, umatku ... umatku ....” Lalu beliau menangis tersedu-sedu.

Allah Ta’ala berkata kepada Jibril, “Wahai Jibril, pergi dan temuilah Muhammad. Tuhanmu Maha Mengetahui. Sekarang tanyakan kepadanya, kenapa dia menangis?” 

Jibril pun menemui Rasulullah صلى الله عليه وسلم untuk menanyakan sebab musabab beliau menangis. Rasulullah Saw. berterus terang kepada Jibril mengenai kekhawatiran beliau pada umat beliau.

Jibril pun melaporkan pengaduan Rasulullah itu kepada Allah. Allah menjawab, “Sekarang, pergi dan temui Muhammad. Katakan padanya bahwa Aku meridainya untuk memberikan syafaat kepada umatnya dan Aku tidak akan berbuat buruk kepadanya.” (HR Muslim)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم manusia mulia itu, laki-laki agung itu, menangis dalam shalatnya. Menangis memohon ampunan untuk umatnya, kita.

Masyaa Allah. Sungguh besar cinta Rasulullah SAW kepada kita. Bagaimana dengan kita? Adakah kita telah meneladani Beliau? Adakah kita telah menghidupkan sunnahnya ? Mari perbanyak sholawat, teladani akhlaknya, mudah-mudahan kita semua dapat syafa'at Beliau 

آللهم صل على سيدنآ محمد وعلى آل سيدنآ محمد

No comments:

Post a Comment